Minggu, 08 November 2009

cara membuat redscale (film terbalik)

nih mau bagi pengalaman membuat film redscale..
dari yang sudah saya lakukan sendiri...


1. siapin tabung film kosong atau canister ( bisa diminta di lab foto/ tempat cuci film kok asal jgan di toko bangunan aja) yang masih ada buntut ny.. kayak di gambar..






2. siapin juga film 35mm baru. lalu potong ujung ny sampai rata..







3. lalu tempel keduanya (lihat baik-baik posisiny).. gunakan isolasi hitam kecil untuk merekatkannya.. ( saran dari banyak orang dan dari forum yang saya baca)..






4. lalu gulung kearah canister ( tabung yang kosong) menggunakan gunting.. pada saat penggulungan tidak boleh ada cahaya yang masuk karna bisa mengakibatkan filmny gosong.. lakukan saja diruang gelap..
(dari pengalaman saya saya mengerjakanny pada malah hari di dalam kamar.. lampu kamar saya matikan seluruhnya dan saya masukan tangan ke dalam lemari "kyak orang kurang kerjaan" maklum takut ntar filmny gosong) . lalu gulung sampe abis..



5. potong dan sisakan sedikit untuk pembuatan redscale selanjutnya. (supaya gak susah-susah minta lagi.. hehehe).. tarik ujung ny dan bentuk seperti di gambar.. tak harus sama seperti itu.. asal mirip aja.





jadilah film ny.. tinggal di coba aja...
klo foto saya yang diatas itu menggunakan kodak asa 200, menurut banyak orang setiap merek film menghasilkan warna yang berbeda..
jadi silahkan anda mencoba sendiri.







4 komentar:

  1. haa ? apo tuh ? ajarinn den !
    face to face laaa ..

    BalasHapus
  2. yah,myta..wkwk..semangat belajarnya :p

    BalasHapus
  3. itu yang poin 2, potong ujung ampe rata,,ujung yang mananya??saya lagi mau nyoba nih,thanx

    BalasHapus
  4. waaah thanks ni, tadi malem gue nyoba untuk yg ke dua kalinya(yg pertama putus) semoga yg ini berhasil. doakan :)

    BalasHapus